Sabtu, 28 November 2009

Sekelumit Cerita Idul Adha

Sebelumnya, SELAMAT IDUL ADHA semuanyaaaaa :D.
Kalian sholat Id di mana?
Sama siapa?
Daging sapi/ kambingnya dimasak apa?

*halah*

Inilah sekelumit cerita nggak penting mengenai Idul Adha saya dan keluarga. Sehari sebelumnya (9 Dzulhijjah), bapak saya adalah satu-satunya penghuni Ndalem Kewahidan yang puasa. Wkwkwkwkwk. Malamnya, as usual saya tanya sama babe mau sholat Id di mana (biasanya di alun-alun utara, red). Babe saya punya ide kalo sholat Id-nya di Masjid Jami' Karangkajen. Pasti keluarga babe di Karangkajen kaget kalau kami sekeluarga sholat di sana, katanya.

Esoknya, pagi-pagi saya bangun siang *weks. bukan saya banget, huahahaha*. Langsung gubrak gubruk mandi, minum teh, dan nggak sarapan *soalnya diwajibkan nggak makan (dan minum) sebelum sholat Id*. Babe saya ke kantor ngambil mobil (yaaaaah... Padahal pengen ngerasain diboncengin adek saya pake Yamaha Thunder, red) dan jam 6 baru sampe rumah! Ibu saya dah agak bete sama babe gara-gara itu. Sedangkan, dengan gaya seperti biasa, babe ngomong "Nyante wae. Mung Karangkajen kok".

Sudah saya duga, kata-kata babe saya "Mung Karangkajen kok" jadi bumerang buat keluarga kami (plus simbah putri). Sebelumnya, saya agak sebel (untung ingat kalo Idul Adha) gara-gara kursi roda simbah putri nggak ada (udah tau penting banget! Diambil juga! Le mikir ki yo piye to yooo! %&*(&^&*%^$%^%^&^!@@<>?:"). Ibu saya punya ide; bawa kursi buat simbah. Kasihan kalo disuruh duduk lesehan dah nggak kuat (waktu sholat Id, red).

Woke. Kami meluncur majuuuuuuuu menuju Karangkajen. Saat itu udah setengah tujuh lebih! Perasaaan saya dah nggak enak. Jangan-jangan telat jangan-jangan telat. Udah sepi banget booooo'.

Dan ternyata benar, saudara-saudara! Telat sudah! Aje gule kambing. Babe saya langsung muter balik menyusuri Jl. Sisingamangaraja yang udah sepi. Awalnya mau sholat di SD Timuran, tapi saya takut kalo bakal sama aja: TELAT. Ya udah saya usulin sholat di Perumahan GrinHos aja. Deket banget dari Karangkajen.

Yes ketes-ketes. Akhirnya kami sholat di sana! Perumahan orang, jadi agak sungkan bagi saya. Sholat Id kelar (mikrofonne rusak. Imamnya baca surat apa, rukuk-tahiyat-sujud, nggak kedengeran) :(

Finally, kami kembali ke Karangkajen. Ikut ibu & simbah layat dulu (katanya masih ada hubungan saudara). Babe & Husein udah ngacir duluan ke masjid Karangkajen. Banyak juga hewan qurbannya. Sapi 8, Kambing 34. Lumayan. Habis layat, saya, ibu, dan simbah milih ke tempate Mbah Jahdan, adek simbah putri saya, omnya babe. Ogah liat eksekusi hewan qurbannya. MAMBU. Kan keteknya 4. LOL.

Kruyuuuuuuuuk. Oh, itu suara perut saya! Ingat nih, saya belum sarapan, dan baru kemasukan air teh sama secang. Akhirnya jam 10-an kami pulang (dan masih nunggu luamaaaaa di deket alun2 selatan. Bapak saya beli daging). Oh no! Panas puollll. Sampe di rumah, saya langsung menghajar martabak sisa tadi malam. Oishikattaaaaaaaaaaaaaaaa......

Terima kasih ya Allah sudah memberikan saya kesempatan bertemu si martabak seksi itu. Alhamdulillah.

O ya kata Husen, salah satu sapi di masjid Karangkajen ada yang ngamuk sebelum disembelih. Lol.



Beberapa amanat yang bisa diambil dari postingan kali ini:

1. Jangan spekulasi dengan waktu yang mepet. Usahakan tepat waktu.

2. Usahakan silatuRAHIM (bukan silatuRAHMI) dengan keluarga besar yang jarang ketemu

3. Jangan egois kalo jadi orang. Pikirin orang lain, kira-kira dia masih butuh sama kursi roda enggak (dan simbah saya BUTUH BANGET). Jangan lupa bawain simbah putri kursi lipat. Beliau udah susah kalo disuruh berdiri lagi habis duduk lesehan.

4. Ada teknik merobohkan sapi hanya dengan SATU ORANG! Nggak perlu buang-buang enerji dan waktu dengan banyak orang.

5. Jaga perasaan si sapi sebelum disembelih. Jangan diejek "Sapi, sapi". Karena emang dia bener-bener sapi.

Tidak ada komentar: