Selasa, 14 Juni 2011

どんな時どう使う日本語表現文型500




Kali ini, saya mau merekomendasikan sebuah buku bagus bin jenius untuk teman-teman yang mau ikut Nihon go no Noryoku Shiken level N1 atau N2 atau yang ingin iseng-iseng (?) memperdalam bahasa Jepang atau yang sedang mengincar beasiswa ke Jepang:

どんな時どう使う日本語表現文型500.
500 Essential Japanese Expressions: A Guide to Correct Usage of Key Sentence Patterns

Buku ini berisi 500 hyogen atau ekspresi bentuk kalimat dalam bahasa Jepang, plus penjelasan, dan pola kalimatnya. Buku ini karangannya Tomomatsu Etsuko, Miyamoto Jun, dan Waguri Masako (maaf kalau ada salah dalam penulisan nama ^^) dan diterbitkan oleh Aruku dan di bukunya yang sedang saya pegang sekarang terbitan tahun 1996 (mungkin sekarang masih dicetak lagi).

Kalau ada yang berminat, jangan sekali-kali pinjam punya saya. Karena sudah bocel-bocel, nggak jelas, banyak coretan, dan bentuknya sudah mulai ambigu (serius!). Saran saya, beli di toko-toko buku yang menyediakan buku impor Jepang atau pesan lewat website atau kalau yang nggak mau merogoh kocek dalam-dalam, pinjam dari teman/perpus lalu difotokopi, atau kalau yang nggak mau ngeluarin duit buat fotokopi, download dari internet. Selesai.

Bukan apa-apa sih saya merekomendasikan buku ini. Karena sebenarnya, buku ini adalah pegangan wajib bagi para mahasiswa Sastra Jepang UGM yang tahun ajaran ini ngambil mata kuliah Tata Bahasa VI :O. Dan buku ini akan menemani kami lagi di semester depan alias tahun ajaran baru nanti. Ampyaaaaaaaaaaaaaang. Keliatan seram? Ah nggak juga. Asal mau belajar, niat, pantang menyerah, dan tahan banting, Insya Allah bisa mencerna apa yang ada di dalam buku ini.

O ya, bab-bab di dalam buku ini dibagi menurut fungsinya masing-masing, misalnya bab 'sebab-alasan' diberi bab sendiri atau bab 'topik' juga diberi bab sendiri. Jadi, belajarnya enak. Tapi, nggak enaknya adalah di dalam satu bab, --bagi kita yang mempelajari bahasa Jepang sebagai bahasa sasaran (duh, bahasanya)--, bisa jadi terjemahan di dalam bahasa Indonesia itu sama, tapi hyogen-nya bisa buanyak buanget dan mirip-mirip. Dan kalau yang mau sedikit masokis, ada soal-soal latihannya di setiap bab plus kunci jawaban.


Selamat belajar!
Selamat mencoba!
Buku ini menyenangkan kok *ngomongnya pake' wajah memelas*


PS: Sebenarnya, saya ada ujian Tata Bahasa hari ini pukul 09.30 nanti dan materinya ada di buku ini semua. Dan saya agak nggak niat gitu belajarnya -_-"

ja ne...

Tidak ada komentar: